JALAN-JALAN KE NEGERI TETANGGA

Setelah mengunjungi tempat kunjungan wajib jika berwisata ke Singapura. Bagi yang berkunjung bersama keluarga, ada tempat-tempat yang bagus untuk dikunjungi bersama keluarga. Anda bisa mengajak keluarga anda melihat keaneka ragaman satwa yang berasal dari seluruh dunia di kebun binatang Singapura, menikmati pemandangan bunga-bunga yang beraneka warna di Singapore Botanic Gardens, mengajak anak-anak anda lebih mengenal sejarah asia di Asian Civilisations Museum dan menikmati arsitektur tempat bersejarah di kota Singa ini, dan tidak kalah serunya menyusuri pantai dengan bersepeda atau dengan roller blade. Jadi mulailah rencanakan tempat-tempat mana saja yang ingin anda kunjungi bersama keluarga anda. Ada banyak museum dan tempat bersejarah, pantai-pantai di Singapurapun ada beberapa, taman bunga dan cagar alam yang ada di Singapura-pun tidak kalah banyaknya, waktu liburan anda tidak akan cukup untuk mengunjungi semua tempat yang ada di Singapura ini. Berikut ini saya sajikan tempat-tempat yang paling umum, spesial dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Kebun Binatang Singapura (Singapore Zoo)

Singapore Zoo adalah salah satu tempat wisata andalan Singapura. Dilengkapi oleh ribuan satwa langka membuat anak-anak akan sangat senang melihat keunikan dari setiap satwa yang belum pernah mereka lihat seumur hidup mereka. Di saat matahari mulai terbenam, anda bisa menikmati suasana yang berbeda di Night Safari. Memang Indonesia punya banyak kebun binatang, mulai dari Ragunan hingga Night Safari yang ada di Taman Safari – Cisarua. Akan tetapi Singapore Zoo

andalan lain selain binatang-binatang dengan berbagai atraksinya, Singapore Zoo juga menyediakan wahana bermain anak-anak yaitu Rainforest Kidzworld. Gelombang semarak menanti anak-anak di area bermain air, dengan tema seperti taman impian satwa basah! Untuk permainan yang lebih mendebarkan, baik tua maupun muda dapat naik ke komidi putar bertema satwa. Juga tersedia kegiatan naik kuda poni untuk anak-anak. Perjalanan naik kuda ini akan melewati tepi Rainforest Kidzworld, dengan pemandangan Bendungan Upper Seletar yang mempesona. Setelah itu anda sekeluarga bisa bersantai naik kapal yang mengitari Bendungan Upper Seletar. Untuk bisa menikmati hiburan di Singapore Zoo dan Night Safari dibutuhkan waktu 1 hari penuh.

Cara ke Singapore Zoo
Naiklah MRT ke Choa Chu Kang Station (NS4), lalu naiklah bis SMRT 927 yang akan langsung membawa Anda ke kebun binatang. Atau naiklah MRT ke Ang Mo Kio Station (NS16), lalu naik bis SBS 138. Lihat peta rute MRT.

Harga Tiket: Singapore Zoo SGD$18 dewasa, SGD$9 anak-anak (3 – 12 tahun). Night Safari SGD$22 dewasa, SGD$11 anak-anak (3 – 12 tahun). Tiket Terusan Singapore Zoo dan Night Safari: SGD$30 dewasa dan SGD$15 anak-anak

Jam buka: Singapore Zoo 08.30 – 18.00, Night Safari 19.30 – 23.0.

Jurong BirdPark

Jika Anda ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk gaya hidup perkotaan Singapura, kunjungilah Jurong BirdPark di mana 9.000 burung-burung warna-warni dari 600 jenis akan mempesona Anda dengan keragaman variasi, bentuk dan ukuran mereka. Jurong BirdPark merupakan taman burung terbesar dan paling mengagumkan di Asia Pasifik.

Buka: 9.00 pagi – 6.00 sore (setiap hari).

Cara ke Jurong Bird Park: Naiklah MRT ke Boon Lay Station (EW27), lalu naik bis SBS 194 atau 251. Lihat peta rute MRT.

Tiket Masuk: SGD 18 dewasa, SGD 9 anak-anak (3-12 tahun). Tiket terusan Singapore Zoo, Night Safari dan Jurong Bird Park SGD 40 dewasa, SGD 20 anak-anak (3-12 tahun).

Butterfly Park & Insect Kingdom

Bagai seekor kupu-kupu yang baru bertransformasi, kecantikan Butterfly Park & Insect Kingdom pasti akan menawan Anda! Biarkan hati terpesona melihat riuh rendahnya warna dan kepakan ribuan sayap-sayap kecil saat Anda melangkahkan kaki di tengah lingkungan alami spesimen yang rentan ini.

Buka: 9.00 pagi – 6.30 malam

Tiket Masuk: SGD 10 dewasa, SGD 6 anak-anak (3 – 12 tahun)

Perkiraan Waktu Tur: 1 jam 30 menit

Lokasi: 51 & 51A Cable Car Road, Sentosa, 099702/3

Cara ke Butterfly Park & Insect Kingdom: Lokasi taman ini berada di Sentosa Island. Naiklah Sentosa Bus dari World Trade Centre Bus Terminal atau Tiong Bahru MRT. Di Sentosa, naiklah bis Blue atau Green Line. Lihat peta rute MRT.


Asian Civilisations Museum

Setelah lelah bermain dengan aneka satwa sehari penuh. Ajaklah anak-anak anda untuk memperluas pengetahuan mereka dengan mengunjungi Asian Civilisations Museum yang berlokasi di pusat perkantoran kota Singapura. Sesuai namanya, Asian Civilisations Museum berfokus pada warisan sejarah budaya Asia. Bangunan sayap pertama (ACM I), yang berlokasi di Armenian Street, merupakan sebuah bangunan neo-klasik dari tahun 1910 yang telah direnovasi secara mendetil. Sayap kedua Museum (ACM II) dibuka di Empress Place dalam bulan Februari 2003 setelah perluasan renovasi. Tersebar dalam tiga tingkat, serangkaian galeri bertema khusus ini akan memberi wawasan ke dalam warisan budaya India, China, Asia Tenggara dan Dunia Islam. Berbagai teknologi pameran interaktif tercanggih dengan muatan pendidikan dipadukan dengan seksama ke galeri-galeri ini, beserta sebuah pusat pameran yang dikhususkan bagi para pengunjung cilik. Juga tersedia sebuah galeri pameran khusus untuk menampilkan pameran yang istimewa. Pameran ini diperkuat dengan acara-cara tambahan yang menarik, untuk menghidupkan kembali tradisi, praktik serta bentuk seni kuno.

Jam Buka: Senin 13.00 siang sampai 19.00 malam; Selasa sampai Minggu 9.00 pagi sampai 19.00 malam; acara sampai malam saat Jumat, gratis tiket masuk dari jam 18.00 sore sampai 21.00 malam.

Cara ke Asian Civilisations Museum: ACM I – dari City Hall MRT Station (NS25/EW13), berjalanlah menuju Stamford Road lalu belok ke Armenian Street di toko buku MPH. Museum terletak berseberangan dari MPH. Lihat peta rute MRT. ACM II – dari City Hall MRT Station (NS25/EW13), berjalanlah menuju St Andrew’s Road, melalui St Andrew’s Cathedral, City Hall dan Supreme Court. Berjalanlah ke Old Parliament Lane. ACM II terletak di sisi kiri, setelah The Arts House.

Tiket Masuk
Dewasa SGD 5, Lansia/anak-anak (pelajar purna waktu) SGD 2.50

Tiket masuk dengan potongan harga di malam Jumat (19.00 s/d 21.00)
Dewasa SGD 4, Lansia/anak-anak (pelajar purna waktu) SGD 2


East Coast Park

Mencari satu lokasi yang seru bagi keluarga? Tidak salah lagi, East Coast Park. Terletak setelah keluar dari East Coast Parkway, pantai dan tamannya yang tertata indah menjadikan East Coast Park tempat favorit bagi warga Singapura berakhir pekan.

Anda dapat berolahraga sedikit dengan sepeda atau rollerblade, yang siap untuk disewa. Atau, masih ada lapangan boling, tempat pelatihan golf, kompleks tenis, pusat olahraga air, dan East Coast Sailing Centre (pusat layar East Coast). Dan, jangan lupa untuk mengakhiri hari dengan berpesta kepiting pedas yang menggoyang lidah di restoran hidangan laut tepat di bibir pantai!

Buka: Setiap hari. Taman akan diterangi sejak pukul 19:00 malam sampai 7:00 pagi.

Cara ke East Coast Park: Naiklah taksi dari Orchard Road, atau naik bis SBS no. 16 dan turun di Marine Terrace. Kemudian gunakan terowongan untuk menyeberangi jalan bebas hambatan ECP. Atau, naiklah bis 401 menuju East Coast Park Service Road (Sabtu, Minggu dan Hari Libur saja)


Courtesy of Singapure Tourism Board

MINT Museum of Toys – Museum Mainan

Ingin bernostalgia dengan masa kanak-kanak anda? Di tempat ini Anda bisa mengenang kembali masa kanak-kanak Anda sambil memperkenalkannya kepada anak Anda. Di museum ini Anda bisa temukan banyak sekali mainan dan memorabilia tokoh-tokoh kartun jadul (jaman dulu) sehingga Anda pasti akan sibuk menceritakan bagaimana indahnya masa kecil Anda ditemani tokoh-tokoh kartun tersebut kepada anak anda.Tiket Masuk
Dewasa : $15.00
Anak-anak (2-12 tahun), Lansia (60 tahun keatas) : $7.50
Anak-anak dibawah 2 tahun: Gratis
Promosi untuk Keluarga (Min 4 orang, 2 dewasa & 2 anak-anak) : $36.00
Promosi untuk Keluarga (Min 4 orang, 3 dewasa & 1 anak-anak): $42.00

Jam Buka MINT Museum: 9.30 -18.30 setiap hari
Jam buka MINT Café: 9.30 – 21.30 setiap hari


Masih ada tempat-tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi bersama keluarga, berikut tempat wisata keluarga lainnya.

Itulah tempat-tempat berlibur yang tidak kalah menarik di Singapura. Jika anda sudah mengunjungi tempat-tempat liburan utama di Singapura dan tempat wisata unik di Singapura, dan masih memiliki waktu yang cukup, silahkan kunjungi tempat-tempat yang sudah saya sebutkan di atas. Jika anda suami istri di malam hari ingin menikmati makan malam yang romantis atau ingin mencicipi kehidupan malam di Singapura, silahkan kunjungi lokasi bar, pub dan tempat clubbing di Singapura.

Lihat juga info lengkap tentang tour di kota Singapura untuk mendapatkan harga tiket masuk yang lebih murah ke tempat-tempat wisata di Singapura.

Beberapa foto dan informasi di artikel berasal dari www.visitsingapore.com

Stasiun

Jalur Timur-Barat

Kode Nama stasiun Keterangan pergantian
Jalur Timur-Barat
EW1 Pasir Ris
EW2 Tampines
EW3 Simei
EW4 Tanah Merah Bergantian ke arah ekstensi Changi Airport.
EW5 Bedok
EW6 Kembangan
EW7 Eunos
EW8 / CC9 Paya Lebar Bergantian ke jalur Circle.
EW9 Aljunied
EW10 Kallang
EW11 Lavender
EW12 Bugis
EW13 / NS25 City Hall Bergantian ke jalur North-South.
EW14 / NS26 Raffles Place Bergantian ke jalur North-South.
EW15 Tanjong Pagar
EW16 / NE3 Outram Park Bergantian ke jalur North-East.
EW17 Tiong Bahru
EW18 Redhill
EW19 Queenstown
EW20 Commonwealth
EW21 / CC22 Buona Vista Bergantian ke jalur Circle.
EW22 Dover
EW23 Clementi
EW24 / NS1 Jurong East [[Bergantian ke jalur North-South.
EW25 Chinese Garden
EW26 Lakeside
EW27 Boon Lay
EW28 Pioneer
EW29 Joo Koon

[sunting] Jalur MRT Ekstensi Changi

Kode Nama stasiun Keterangan pergantian
Jalur MRT Ekstensi Changi
EW4 Tanah Merah
CG1 Expo
CG2 Changi Airport

Sebagai turis, Anda tidak perlu takut nyasar atau lost, karena selain kecil, informasi rute dan petunjuk jalan sangan jelas dan mudah ditemukan. Bagi kebanyakan orang, naik MRT adalah cara yang paling enak dan mudah untuk menuju suatu lokasi, namun menurut saya sebenarnya menjelajah dengan bus kota lebih baik karena bisa melihat pemandangan di sekeliling dan suasana di tiap distrik.

MRT adalah pengangkut massal serta transportasi yang paling dapat diandalkan di Singapore. Sedangkan LRT tersedia di kawasan tertentu yang belum dijangkau MRT, berbentuknya monorail dengan gerbong 2-3. MRT dikelola dan diatur oleh perusahaan milik pemerintah yang namanya SMRT.

Menurut saya Singapore MRT adalah salah satu MRT terbaik di dunia dalam hal kebersihan maupun pelayanannya.

Hingga akhir 2009, terdapat 4 jalur MRT dan 3 jalur LRT yang beroperasi. Jalur MRT diberi warna berbeda di dalam peta sehingga mudah dibedakan. Circle Line (warna kuning) adalah line terbaru dan belum beroperasi penuh (garis putus-putus berarti belum beroperasi). Klik gambar di bawah untuk memperbesar.

Sebagian rute, terutama di tengah kota, dibuat di bawah tanah (underground), dan sisanya adalah elevated. Di jam sibuk terutama di stasiun interchange, kereta bisa sangat ramai dan penuh. Hindari perjalanan di jam 8-9 pagi dan 5-7 malam.

Tarif perjalanan dengan MRT dihitung berdasarkan jarak/jumlah stasiun yang dilewati. Untuk jarak satu stasiun dikenakan SGD 0.60 hingga 0.80. Untuk jarak yang terjauh dikenakan biaya hingga SGD 2. Anda boleh bebas tukar line asalkan belum keluar dari ticket gate.

Ada dua macam cara pembayaran; point-to-point yang berarti Anda hanya beli ticket untuk satu perjalanan, dan satu lagi adalah menggunakan ez-Link card. Kartu ini adalah kartu chip yang dapat diisi dengan saldo tertentu (top-up). Nilai minimum yang dapat di top-up adalah SGD 10 dan maksimum SGD 100. Membayar point-to-point jatuhnya akan lebih mahal dibanding menggunakan EZ-link card.

Kartu ez-Link dapat dibeli dari ticket office di semua stasiun atau dari ticket machine. Jika antrian ticket office sangat panjang, sebaiknya Anda beli langsung dari ticket machine, cukup ikuti petunjuk di layar lalu masukka uang kertas atau coin SGD, kartu akan keluar dari mesin. Sisa uang di dalam kartu dapat dimintakan refund saat Anda ingin pulang dari Singapore, atau disimpan untuk kedatangan berikutnya.

Changi Airport juga dilayani oleh MRT (jalur hijau). Lokasinya terletak di Terminal 2. Ikuti papan petunjuk “Train” jika Anda baru mendarat dan keluar dari Arrival hall dari terminal mana pun.

Bus

Tidak semua kawasan dicakup oleh jalur MRT. Bagi penduduk umumnya, perjalanan ke kantor ditempuh dengan bus kota dari rumah/apartemen menuju stasiun MRT terdekat, baru dilanjutkan dengan naik kereta MRT. Jika Anda tidak terlalu mengejar waktu, bus kota menawarkan pemandangan di sepanjang jalan.

Ada beberapa perusahaan bus yang mengoperasikan bus di Singapore, namun pelayanan, biaya dan sistem yang digunakan adalah sama. Kartu EZ-link dapat dipakai di semua bus, pastikan Anda melakukan tap / sentuh ke mesin pembaca kartu saat naik maupun saat turun. Tarif ditentukan oleh banyaknya halte bus yang telah dilewati.

Walaupun menghafal nomor bus cukup sulit, tersedia buku panduan rute bus yang dapat dibeli di stasiun atau toko buku. Selain itu ada juga aplikasi iPhone atau PDA phone yang dapat Anda download untuk mendapatkan rute bus.

Selama di Singapura, Anda sebaiknya menggunakan MRT (subway) dan bus. Untuk menggunakan MRT, Anda bisa membeli tiket melalui MRT ticketing machine. Penggunaan mesin ini pun sangat mudah. Anda tinggal tentukan stasiun tujuan Anda lalu Anda masukkan sejumlah uang dan bila jumlahnya benar, mesin akan mengeluarkan tiket. Bila uang yang Anda masukkan berlebih, mesin juga akan mengeluarkan uang kembaliannya.

Tiket MRT yang digunakan menerapkan passive RFID Module. Di Singapura ada 3 jalur MRT, yaitu NE (North East) dengan penanda jalur berwarna ungu, NS (Nort South) dengan penanda jalur pewarna merah, dan EW (East West) dengan penanda jalur berwarna hijau.

Selama di Singapura, bagi Anda yang berstatus wisatawan akan banyak menggunakan jalur NE dan NS untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik. Jika Anda ingin naik bus, belilah kartu ez-link dan langsung naik ke bus. Kartu ez-link dapat juga digunakan untuk MRT.

Bus SBS 36 berjalan antara Orchard Road dan Singapore Changi Airport. Stasiun bus umum ini berlokasi di Terminal 1 di basement 2 dan di Terminal 2 di basement level.

Keterangan rute bus dan tarif terdapat di stasiun bus. Tarif bus tanpa AC S$0,70 sampai S$1,40, sedangkan tarif bus AC S$0,80 sampai S$1,70. Ingat, diharuskan membayar dengan uang pas. Kalau tidak, uang Anda tidak akan dikembalikan.

Untuk itu, periksalah dengan pengemudi bus mengenai tarif ke tujuan Anda. Jam operasi bus mulai pukul 06.00 sampai tengah malam. Periksalah di tempat pergantian atau tempat pemberhentian bus untuk mendapat jadwal kedatangan/keberangkatan. Jangan takut, Anda tidak akan tersesat karena info jalur MRT dan jalur busnya sangat detail dan mudah dipahami.
5. SIA Hop-On

Apa cara terbaik untuk dengan singkat dapat berkeliling kota dan mengunjungi tempat-tempat menarik selain dengan bus SIA Hop-on?

Bus berpendingin udara ini akan mengantar penumpang ke lebih dari 20 tempat-tempat atraksi paling populer di Singapura. Bus akan berhenti di mal-mal dan hotel-hotel besar, seperti Raffles City, Singapore Botanic Garden, dan Esplanade -Theatres on the Bay, serta kawasan etnik seperti Chinatown, Little India, dan Arab Steet.

Penumpang dapat naik dan turun kapan saja mereka inginkan. Bagi penumpang yang akan ke Pulau Sentosa, bus SIA Hop-on menawarkan layanan bolak-balik yang tersedia di lima halte, yaitu di Orchard Emerald (Orchard Road), Raffles Hotel (Bras Basah Road), Suntec City Shopping Mall, Marina Square, dan Lau Pa Sat.

Layanan kota beroperasi setiap hari antara pukul 09.00 pagi dan 19.30, setiap 30 menit. Sentosa Shuttle Service beroperasi setiap 90 menit antara pukul 10.00 dan 17.30.

Penumpang yang memiliki SIA Singapore Stopover Holiday dapat naik gratis, sedangkan penumpang Singapore Airlines atau SilkAir cukup membayar S$3 untuk mendapat tiket harian yang terbatas. Harga tiket S$12 untuk dewasa dan S$6 untuk anak-anak. Tiket dapat dibeli di atas bus.
6. Bawa air minum, payung, dan backpack
Anda sangat disarankan membawa persediaan air minum karena harga air minum di Singapura relatif lebih mahal. Sekitar S$1-S$2 (Rp8.000-Rp16.000). Sebaiknya Anda juga membawa payung. Jangan sampai gerimis dan teriknya matahari menghalangi niat Anda untuk mengeksplorasi tempat-tempat menarik di Singapura.
Percakapan sehari-hari antara penjual dan pembeli di hawker centre atau food court.Pertama biasanya pelayan akan menanyakan pertanyaan ini “Having here or take away?” Yang artinya makan di sini atau bungkus? Dikarenakan lidah mereka yang sedikit cadel jadi biasanya orang Indonesia cukup sulit untuk mengerti apa yang mereka katakan, jika Anda ragu apa yang mereka katakan jawab saja “Sorry, again?” yang artinya “Maaf, lo ngomong apa barusan?“. Lalu untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda bisa jawab “having here“, sambil mempraktekan gerakan menyuap mulut, dengan begini mereka pasti ngerti kalau kita mau makan di tempat bukan dibungkus. Kalau Anda ingin bungkus untuk dibawa pulang jawab “take away” atau bisa juga jawab “package” yang bahasa mandarinnya “da bao” baca “ta pau“.

TIPS Lainnya: Pedagang di Singapura terkenal galak, kalau Anda masih plin plan atau sedikit lamban dalam memilih makanan sedangkan antrian dibelakang Anda sangat panjang maka si pedagang / pelayan tidak segan untuk membentak Anda. Jadi lebih baik Anda putuskan terlebih dahulu makanan yang Anda inginkan sebelum masuk ke dalam antrian.

Tentang minuman di Singapura

Ice Tea (bahasa lokalnya baca “Te Bing”) minuman yang legendaris (saya katakan legendaris karena minuman ini pasti Anda temukan hampir disemua meja makan di hawker centre) di Singapura. Ini sepertinya sudah menjadi default drink (minuman standar) bagi orang Singapura, seperti es teh atau es teh manis di Indonesia. Bedanya es teh disini selalu dicampur dengan susu jadi seperti teh tarik khas melayu (malaysia) lalu diberi es.

Ingatlah selalu menambahkan kata “ice” atau “bing” (baca : ping) jika Anda ingin minuman dingin karena tanpa menyebut kata tersebut maka minuman yang keluar selalu minuman panas. Seperti jika Anda katakan “Kopi”, yang keluar adalah kopi panas yang dicampur dengan susu. Jadi jika Anda ingin Es Kopi katakan “Ice Kopi” atau “Ice Coffee” atau “Kopi Bing”.

Mimpi kali ye? Ke Singapore cuma modal 2 juta perak? Jawabnya nggak juga tuh. Mau ke Singapore cuma modal 2 juta rupiah? Baca nih yang teliti panduan wisata ke Singapura selama 3 hari 2 malam cuma dengan 2 juta rupiah, sudah termasuk tiket, penginapan, makan pagi-siang-malam, transportasi selama di Singapura dan juga oleh-oleh buat sanak saudara.

*Update terbaru: Untuk mempermurah liburan anda selama di Singapura lebih baik beli Singapore Tourist Pass. Dengan demikian ongkos perjalanan anda selama di kota Singapura akan lebih irit.

Terima kasih kepada farida atas masukkannya.

Hari Aktivitas Durasi
1 Mendarat & Imigrasi 30 menit
1 Perjalanan ke Penginapan (daerah Orchard) 30 menit – 1 jam
1 Istirahat di Hotel 1 jam
1 Wisata Sekitar Orchard 2.5 jam
1 Wisata Kuliner (dinner) / Jalan ke Bugis dan Clarke Quay 4.5 jam
1 Perjalanan Ke Penginapan 30 menit
2 Perjalanan ke Tempat Wisata 30 menit
2 Merlion Park di Raffles Place 2 jam
2 Perjalanan ke Tempat Wisata 30 menit
2 Wisata Lain (Sentosa Island) 6 jam
2 Dinner di ChinaTown / Little India 1 jam
2 Perjalanan ke Penginapan 30 menit
3 Perjalanan ke Tempat Wisata 30 menit
3 Wisata Lain (Singapore Zoo) 6 jam
3 Perjalanan ke Tempat Wisata 30 menit
3 Singapore Flyer 2 jam
3 Perjalanan ke Bandara 30 menit – 1 jam

Kurs yang dipakai disini adalah SGD$1 = Rp 6.700,- Jadi kalau modal Rp 2 juta, bisa dapat sekitar SGD$300. Ayo kita mulai petualangan ke Singapura dengan modal SGD$300. Kalau mau jalan-jalan nggak mungkin dong kalau perginya sendirian, pastinya minimal berdua atau bertiga. Dengan begitu dana yang digunakan untuk menyewa kamar akan lebih irit karena akan dibagi dengan teman-teman seperjalanan.

Hal yang paling penting yang harus dipersiapkan adalah tiket pesawat dan hotel. Untuk itu kita harus mendapatkan harga yang termurah untuk 2 hal ini. Tiket murah ke Singapura bisa kita dapatkan sewaktu penerbangan budget airlines sedang memberikan promo tiket murah. Untuk itu pantau terus promo tiket penerbangan agar tidak ketinggalan promo tiket murah. Harganya memang bervariasi tapi biasanya jika sedang promo tiket penerbangan ke Singapura tidak akan lebih dari SGD$50, pulang pergi. Lihat tips mendapatkan tiket penerbangan murah sebelum membeli tiket.

Lalu untuk penginapan kita bisa mencari penginapan yang murah di Lucky Plaza atau kamar-kamar murah di apartemen Singapura lainnya. Biasanya budget untuk penginapan sekitar $50-$70/malam. Untuk bisa mendapatkan paket perjalanan paling murah, jumlah orang yang disarankan adalah 3 orang. Misalkan harga kamar untuk bertiga adalah $110 atau $70 untuk berdua. Jadi untuk biaya penginapan satu orang keluar sekitar SGD$35. Rencananya kita akan menginap 2 malam di Singapura dengan begitu biaya untuk penginapan SGD$70. Jadi total biaya tiket dan penginapan adalah SGD$120. Dan uang jajan di kantong masih ada SGD$180. Jika ingin tinggal di hotel murah, anda bisa mendapatkan hotel yang benar-benar murah dengan harga mulai SGD$30/malam. Silahkan lihat daftar hotel murah di Singapura.

Hari Pertama: Mari kita mulai petualangan kita di Singapura dengan modal SGD$180. Hari pertama sampai di Singapura kita akan langsung menuju penginapan kita di Orchard road. Cara dari Changi Airport ke Orchard Road bisa dilihat dipanduan ini, Panduan MRT di Singapura. Untuk ongkos MRT sekitar $2. Lalu isilah hari pertama anda untuk mengeksplor jalan Orchard ini. Ada banyak mall menarik dan juga spot-spot untuk berfoto yang tidak boleh dilewatkan sebagai tanda mata kalau kita sudah pernah ke Singapura. Lalu kalau mau makan murah, pergilah ke lantai paling bawah Lucky Plaza. Disitu ada foodcourt yang menjual makanannya cukup murah. Anda akan banyak bertemu turis dari Indonesia disitu. Hal yang penting kalau makan di Singapura, minumnya mahal. Sekali minum bisa habis sekitar $1 – $2. Itu sudah setengah dari harga makanan. Jadi lebih baik kalau mau irit, bawa saja air minum dari rumah. Satu lagi, air minum dari keran di Singapura itu sudah steril, jadi bisa langsung diminum tanpa perlu dimasak lagi.

Jika sudah puas menjelajahi Orchard, kita pergi ke Bugis Street (ongkos SGD$2). Disini kita bisa hunting oleh-oleh / souvenir untuk keluarga dan teman kita di Indonesia. Gantungan kunci 18 buah seharga $10, lalu ada kaos dan asesoris lainnya. Juga ada banyak pakaian, tas, dll murah disini tapi kalau kita dari Indonesia, pastinya lebih murah di Indonesia. Kalau mau cari makan disini juga banyak tempat makan yang murah. Carilah foodcourt-foodcourt yang ada dipinggir jalan di daerah Bugis ini. Anda bisa makan dengan kenyang hanya dengan $5-$7. Setelah puas berbelanja, pergilah ke Clarke Quay untuk menikmati kehidupan malam di Singapura (ongkos SGD$1.5).

Ingat! Makanan dan minuman di sepanjang Clarke Quay mahal-mahal. Jadi kalau memang budgetnya 2 juta perak. Disarankan cuma jalan-jalan aja, jangan makan minum disini. Ongkos pulang ke Orchard dari Clarke SGD$2.

Ongkos Changi – Orchard = SGD$2
Ongkos Orchard – Bugis – Clarke – Orchard = SGG $5.5
Makan siang dan malam di foodcourt SGD$7×2 = SGD$14.
Beli oleh-oleh = SGD$30
Jadi total hari pertama di Singapura SGD$49.5. Sisa uang: $130.5

Hari kedua kita pergi melihat maskot negara Singapura yaitu patung Merlion. Sarapan di McD sekitar $3, dapat 1 cheese humberger dan segelas coke. Lalu kita berangkat ke Merlion Park. Ongkos dari Orchard ke Raffles Place sekitar SGD$1,5. Jalan-jalan, foto-foto disekitar Merlion Park jangan lupa mampir ke Esplanade untuk melihat ada acara atau even apa disitu. Seringkali ada konser gratis disitu jadi selagi kita disitu kita bisa nonton konser gratis di Esplanade. Petualangan selanjutnya kita berangkat ke Sentosa Island. Ongkos naik MRT SGD$2 turun di HarbourFront ditambah ongkos naik Sentosa Express dari VivoCity $3. Klik disini untuk melihat peta MRT. Sebelumnya jangan lupa untuk mengisi perut dulu di Food Republic di VivoCity tepat di sebelah pintu masuk menuju Pulau Sentosa. Budget makan siang sekitar $7-$10 karena makanan disini cukup mahal. Selanjutnya puaskanlah diri anda dengan mengeksplor pulau Sentosa ini. Salah satu wahana yang harus dicoba adalah Song of the Sea. Tiket masuk SGD$15. Malah harinya anda bisa menikmati makan malam di ChinaTown atau Little India. Ongkos $2 dan makan malam sekitar $10.

Sarapan = $3
Ongkos Orchard – Raffles Place – Sentosa Island – China Town / Little India – Orchard = $11.
Makan Siang + Makan Malam = $20
Tiket Song of The Sea = $15

Total pengeluaran hari kedua = $49. Sisa uang $81.5

Hari ketiga jika anda pulang dengan penerbangan malam, sempatkan diri anda untuk mengunjungi Singapore Zoo atau Singapore Flyer dimana kita bisa melihat pemandangan kota Singapura dari ketinggian 160 meter diatas permukaan laut. Tiket masuk Singapore Flyer SGD$29.50 dan Singapore Zoo SGD$18. Dengan sisa uang SGD$81.5 anda bisa gunakan untuk berbelanja, makan enak atau beli oleh-oleh di Singapore Custom (Airport) dimana barang-barang tidak dikenai pajak.

- Dengan membeli Singapore tourist pass liburan anda akan menjadi lebih murah lagi. Artikel di atas dibuat tanpa menggunakan Singapore tourist pass.- Harga tiket diatas belum memperhitungkan airport tax yang besarnya Rp. 220.000,- di Changi dan Rp 150.000,- di Bandara Indonesia. Terima kasih kepada Lilac atas koreksinya.

Pengunjung Resorts World Sentosa dapat mulai berbelanja di kawasan pusat perbelanjaan di sini dibuka dalam soft launching pada hari Rabu (20/1/10). Kawasan belanja di Resorts World Sentosa memiliki lahan 20 persen dari seluruh kawasan resort terpadu ini.

engelola Resorts World Sentosa berharap kasino dan Universal Studios Theme Park dapat dibuka dan beroperasi saat Tahun Baru Imlek.

Sentuhan akhir sedang dibuat untuk menyambut tetamu ketika resort terpadu pertama Singapura ini dibuka. Empat dari enam hotel di Resort World Sentosa dan 10 restoran siap beroperasi, siap menyambut para tamu lokal dan wisatawan.

Andrew Hickey, Vice President Resorts (Rooms) World Sentosa menyebutkan, “Lima ribu kamar sudah di-booking pada hari pertama pembukaan. Mereka yang melakukan reservasi mulai dari orang-orang Singapura sendiri sampai tamu-tamu asing yang melakukan perjalanan bisnis. Sementara pada hari Tahun Baru Imlek, semua kamar sudah habis terisi. Ini menunjukkan betapa kuatnya daya tarik resort ini sebagai tempat berlibur akhir pekan.”

Pihak Resorts World menargetkan 12 juta sampai 13 juta orang setiap tahun akan mengunjungi kawasan baru ini, dan akan meningkatkan jumlah orang berkunjung ke Singapura.

Singapore Tourism Board (STB) berharap dua resort terpadu, termasuk salah satunya Marina Bay Sands, akan membantu melipatgandakan angka kunjungan wisatawansampai 17 juta per tahun pada tahun 2015.

Pada pembukaan hari Rabu lusa, akan dibuka pula pusat perbelanjaan Galleria, yang terhubung dengan Festive Hotel, pintu masuk kasino, dan Hotel Michael.

Noel Hawkes, Vice President, Resort Operations, Resorts World Sentosa menambahkan, pihaknya juga memiliki gerai Swarovski, galeri belanja Swiss, dan Canali, yang merupakan toko ritel pertama di Singapura, serta Damiani, brand perhiasan high-end yang sangat terkenal dari Kanada.“Masih merupakan bagian dari toko-toko perhiasan mewah, kami juga memiliki galeri Chihuly yang sangat terkenal. Ini akan menjadi sangat menarik. Kami memiliki karya seni yang indah yang bernilai sekitar 6 juta dollar Singapura dan lukisan-lukisannya di dalam kasino dan di Hotel Crockfords Tower. Dan kini tetamu dapat pergi dan membeli sebagian karya lukisannya yang indah,” katanya.

“Kami juga memiliki galeri Michael Graves, pertama di dunia. Dan Michael Graves adalah salah satu yang mendesain proyek ini. Dia akan memiliki galeri yang menjual barang-barang rancangannya sendiri,” kata Hawkes.

Pusat belanja di Resorts World Sentosa akan dikembangkan sepanjang 300 meter untuk 20 brand-brand mewah, termasuk butik mewah Victoria Secret.

Menurut Hawkes, banyak gerai ritel di sini disediakan untuk pelanggan kasino yang memiliki dorongan untuk membeli. “Karena itulah mengapa kami punya target untuk sejumlah produk mewah dan high-end seperti arloji dan perhiasan,” katanya.

Sekitar 70 persen ruang ritel diharapkan selesai bulan Februari mendatang. “Terutama Universal Studios. Kami memiliki lebih 16 toko di sana yang menjual barang-barang kepada pengunjung,” tambah Hawkes. Namun yang akan menentukan sebagian besar pengunjung adalah dibukanya Universal Studios bertema taman dan kasino.

Ron Lim, General Manager Crossroad Tours & Travel mengungkapkan, agen perjalanan itu akan membawa sebuah grup terdiri dari 12 orang Taiwan, masuk ke Resorts World. Sejauh apa yang kami lihat, seharusnya semuanya baik. Kasino dikemas dengan tema taman, sehingga saat pengunjung dewasa bermain di kasino, mereka juga masih dapat menikmati taman,” ujarnya.

Wendy Leong, General Manager City Tours menambahkan, “Perhatian utama saat ini adalah saat Universal Studios dibuka agar kami mendapatkan paket, termasuk menginap di semua hotel.”  Resorts World masih menunggu persetujuan perizinan dari pihak berwenang baik untuk kasino maupun “theme park”.

Dalam dua tahun ke depan, pengunjung dapat berharap tahap kedua Resorts World Sentosa rampung. Ini termasuk dua hotel dan  wahana “marine life park“, ocenarium terbesar di dunia.

Kalau anda masih lebih pilih penginapan konvensional –alias hotel– di berbagai penjuru Singapura ada. Seperti yang saya bilang tadi, ngga perlu booking terlebih dahulu. Daerah yang paling banyak hotelnya (yang murah meriah, dengan tarif sekitar SGD 40-80 per malam) ada di seputaran Geylang. Berbeda dengan Bugis, Little India dan/atau Orchard yang namanya terpampang jelas sebagai nama stasiun juga –sehingga anda akan mudah melihat namanya ketika hendak membeli tiket MRT– nama Geylang tidak ada di daftar stasiun yang dilewati MRT. Nama stasiun yang harus anda pilih adalah Aljunied. Jalan kaki sekitar 5-10 menit menuju sekitaran Lorong 22, Lorong 20, Lorong 18 dan Lorong 16 (tanya ke petugas di stasiun atau lihat peta yang ada di mana-mana. Jangan pernah takut tersesat di Singapura. Dari ujung ke ujung negara ini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dengan mobil!), di sini ada setumpuk hotel. Ketika hari mulai menjelang malam, anda akan tahu kenapa di sini banyak hotel. Ya karena di sini adalah kawasan malam (red-light district) -nya Singapura. Mirip seperti Mangga Besar kalau di Jakarta.

// Hotel-hotel di sini biasanya menerapkan juga harga diskon. Itu sebabnya, jangan booking dari Internet atau biro perjalanan anda di Jakarta. Waktu check-in dan mendapatkan tarif (biasanya terpampang di dinding pada front office), coba-lah untuk berpura-pura kaget dan bilang, lho kok segitu..? bukannya harganya mestinya segini… (sambil menyebutkan sebuah angka sekitar SGD 20 lebih murah dari harga yang dipajang). Tentunya ngomong dalam bahasa inggris. Tidak semua orang Singapura mengerti bahasa Melayu, apalagi mereka yang beretnis tionghoa atau india. Mintalah harga diskon, bilang kalau anda sudah sering ke sana. Tentunya selama paspor anda mengatakan bahwa anda sering ke Singapura. Kalau paspor anda tidak mengatakan begitu, bilang saja teman anda sering ke situ dan bilang harganya segini. It works, my friend!

Jika urusan menginap sudah selesai, tinggal urusan jalan-jalan. Semua orang Indonesia yang jalan-jalan ke Singapura pasti ke Orchard, walau mungkin hanya melihat-lihat. Tempat wajib lainnya adalah melihat dan berfoto di dekat patung singa (namanya Merlion. Naik MRT menuju Raffles City). Untuk berbelanja yang murah (street shopping) bisa dilakukan di Bugis atau China Town. Sebagai contoh, harga kaos bergambar dengan tulisan “Singapore is a fine city” yang populer itu bisa diperoleh seharga SGD 10 untuk 4 buah t-shirt berbagai ukuran. Salah satu tempat belanja “wajib” lainnya bagi orang Indonesia adalah Mustafa center. Naik MRT, turun di Little India. Pusat belanja yang satu ini sudah tersohor murahnya.. dan yang terpenting, dia buka 24 jam dalam sehari!

Di Singapura, transportasi cukup mudah. Ada bus, MRT, taxi. MRT adalah sejenis kereta api listrik yang kedatangannya cukup cepat, kira2 5-10 menit sekali. Hampir seluruh tempat wisata dilalui oleh jalur MRT. Ada beberapa jalur MRT dengan tarif yang beragam, untuk lengkapnya dapat dilihat disini. MRT sangat bersih, aman dan teratur. Anda harus mengantri di belakang garis yang ada di samping pintu dan bukan menunggu persis di depan pintu. Anda harus menunggu sampai penumpang yang mau keluar sudah habis baru Anda masuk, berbeda dengan di Indonesia yang main serobot. Bahkan di TransJakarta (busway) yang notabene penumpangnya adalah para karyawan yang berpendidikan tinggi, tetap harus ada petugas yang mengatur agar tidak berebutan dan asal serobot.

Anda harus membeli tiket ke vending machine atau mesin penjual tiket otomatis. Dari mesin tersebut, Anda menentukan tujuan Anda, maka akan muncul jumlah uang yang harus Anda masukkan (harga tiket ditambah uang jaminan kartu), setelah Anda masukkan uang, maka akan keluar kartu sekali pakai. Kartu tersebut cukup di dekatkan ke sensor, maka pintu palang akan terbuka. Setelah Anda lewat, palang akan tertutup kembali, Anda mesti masuk satu persatu. Mirip dengan pintu TransJakarta, bedanya disini tidak ada penjaga yang memelototi, semua sudah memiliki kesadaran tinggi. Dalam MRT Anda dilarang merokok, makan ataupun minum agar kebersihan tetap terjaga. Bahkan Anda dilarang membawa makanan yang berarorama tajam seperti durian. Di dalam MRT terdapat kursi dan juga tempat untuk berdiri, berpendingin udara sehingga tidak membuat Anda berkeringat, gerbongnyapun bersih dan nyaman. Pada jam pergi atau pulang kantor, MRT akan sangat ramai, banyak orang berdiri, tapi sejauh pengalaman saya sih di MRT itu aman, tidak ada pencopet (dengar2 pencopetnya dari Indonesia ). Bahkan banyak para wanita yang pulang larut malam pun merasa aman dalam MRT. Demi kemudahan Anda, bawa selalu peta rute MRT, jalur2 dan stasiunnya di kantong Anda.Setelah tiba di stasiun tujuan, Anda dapat mengambil deposit/jaminan kartu ke vending machine yang sama. Jika Anda bepergian sendiri atau berdua, MRT adalah solusi yang cukup ekonomis (walaupun kalau di kurs ke Rupiah harganya cukup mahal). Namun jika Anda bertiga atau lebih sebaiknya menggunakan taksi, karena totalnya akan lebih murah, dan lebih hemat waktu serta tidak perlu jalan kaki ke stasiun MRT.Ada beberapa tempat shoping yang menggiurkan, pertama seputar kawasan Stamford, ada Plaza Paninsula, Reffles dan sebagainya. Kemudian tidak jauh dari kawasan ini cukup dengan berjalan kaki ke araj utara memakin watu 30 menit, akan berjumpa pula Singapore Shoppin Centre dan bersebelahan lokasinya dengan tempat shopping terkenal pula yaitu, kawasan Orchard. Memang kota Singapura penuh dengan tempat-tempat shopping, betul-betul sebagai sorga belanja bagi yang beruang.
Ingat, jika ingin memakai jasa transportasi, harus siapkan ongkos dengan uang pas. Atau harus beli card. Jika tidak punya uang pas jangan coba-coba menaiki bus, sopir dengan ramah mempersilahan anda untuk turun.

//

Dibangun di tahun 1937 oleh Aw Boon Haw, seorang pengusaha karismatik, untuk adiknya Boon Par, Haw Par Villa merupakan perwujudan dongeng rakyat China. Dikomentari pengunjung sebagai “menarik, menyenangkan, aneh dan menghibur”, tak salah lagi Haw Par Villa merupakan tempat yang sangat unik di dunia. Terdapat dua puluh lima kelompok patung sebagai replika dari karakter dalam mitologi China seperti Buddha Tertawa dan Fu Lu Shou (dewa dewi Tao). Bagian yang wajib dilihat adalah Ten Courts of Hell (Sepuluh Pengadilan Neraka), menampilkan sepuluh langkah pengadilan sebelum reinkarnasi. Dipamerkan secara literal dan apa adanya, patung-patung dan diorama ini mengabadikan nilai-nilai moral dan warisan budaya China bagi generasi mendatang.

Jam Buka                       : 9.00 pagi – 19.00 malam (setiap hari)
Tiket Masuk                   : Gratis
Perkiraan Waktu Tur    : 2 – 3 jam
Lokasi                            : 262 Pasir Panjang Road Singapore 118628
Tel                                  : (65) 6872 2780 (Acara dan Program) atau 6872 2003 (Pengembangan Bisnis)
Fax                                 : (65) 6872 2694
Email                              : orientmgt@pacific.net.sg

Cara ke Sana :
Naiklah bis SBS 200 dari Stasiun MRT Buona Vista (EW21), bis SBS 10, 30, Bis SMRT 188 dari Harbourfront Centre, bis SBS 143 dari Orchard Road atau bis SBS 51 dari Chinatown. Klik di sini untuk melihat peta rute MRT.
Land Transport Gallery merupakan bagian dari upaya Badan Transportasi Darat (Land Transport Authority) untuk melibatkan masyarakat dan pengguna jalan dalam masalah-masalah transportasi darat. Kegiatan ini membantu masyarakat untuk lebih memahami dan menghargai tantangan kompleks yang dihadapi dalam mengembangkan sistem transportasi masa kini, dan berbagai kebijakan dan solusi teknis yang digunakan untuk mengatasinya.
Gallery ini juga menjadi sarana penting untuk saling berbagi dan bertukar informasi dengan badan transportasi luar negeri, suatu kaidah tata pemerintahan yang digunakan Singapura dalam menangani kebijakan dan sistem transportasi darat. Sehingga, Gallery ini turut melengkapi upaya Badan Transportasi Darat dalam memasarkan dan mengekspor keahlian sektor publik Singapura.
Gallery ini berusaha melibatkan masyarakat lokal dan internasional yang semakin beragam, melalui suatu pameran yang inovatif dan eksperiensial. Selain itu, Gallery bertujuan menciptakan momen yang unik dan penuh kenangan bagi pengunjung, sembari memberi pemahaman dan penghargaan terhadap berbagai tantangan yang ada dalam perencanaan transportasi darat, di saat kita berusaha mencapai sistem transportasi darat yang berorientasi rakyat, dan mampu memenuhi kebutuhan beragam suatu kota global yang inklusif, layak huni, dan penuh dengan kehidupan aktif.

Jam Buka                  : 9.00 – 17.00 (Selasa – Minggu), Tutup hari Senin dan hari libur umum.
Tiket Masuk              : Gratis
Tur                             : Tur 1 Jam – 9.00, 11.00, 13.00 & 15.00
Lokasi                       : No. 1 Hampshire Road ,  Blk 1 Level 1 , Singapore 219428

Cara ke sana            :
- Dengan Mass Rapid Transit : Stasiun MRT terdekat: Little India (Exit B)
- Dengan Bis                            : Depan Halte Little India -48, 56, 57, 66, 67, 131, 166, 170, 851, 960, 980
Seberang KK Hospital   -56, 57, 131, 166, 851, 980
- Dengan Mobil / Taksi            : Mobil bisa masuk melalui Hamsphire Road (seberang Farrer Park Field).                                  Tempat parkir terbatas dan tergantung ketersediaan. Pengunjung disarankan menggunakan transportasi umum.
Tel                            : (65) 6396 2550
Faks                         :
(65) 6396 2551
Email                        :
LTGallery@lta.gov.sg
Situs Web                :
http://www.lta.gov.sg/corp_info/lt_gallery.htm

Angkutan Umum
Singapura mempunyai satu sistem kendaraan umum yang paling luas dan efisien di dunia. Melakukan perjalanan di kota dan khususnya di pinggiran kota merupakan perjalanan yang cepat dan nyaman.
Mass Rapid Transit (MRT) mengoperasikan sebuah jaringan kereta dari 51 stasiun. Kereta api beroperasi dimulai dari jam 5.30 pagi sampai jam 12.30 malam setiap hari, setiap tiga sampai delapan menit. Perjalanan dengan menggunakan MRT dari bandara udara Changi, Singapura ke kota memakan waktu kurang dari setengah jam. Salinan petunjuk cepat perjalanan MRT dapat diperoleh pada Ruang Kontrol Stasiun di seluruh stasiun MRT.
Bis umum beroperasi setiap hari dari jam 5.30 pagi sampai tengah malam. Untuk perjalanan pada malam hari, ongkos yang dibayar bisa melebihi sedikit dari ongkos biasa. Biaya perjalanan MRT mulai dari 80 sen sampai S$1.80. Untuk perjalanan menggunakan MRT, anda perlu membeli tiket perjalanan. Bis umum menerima uang tunai. Cara pembayaran MRT maupun bis umum dianjurkan dengan menggunakan kartu EZ-Link dimana kartu berharga tersebut memberikan potongan harga tiket untuk segala macam angkutan. Kartu EZ-Link dapat dibeli dan didapat di semua stasiun MRT dan stasiun bis. Setiap kartu untuk dewasa dijual dengan harga minimum S$10 ditambah simpanan sebesar S$5. Petunjuk Jaringan Angkutan memberikan informasi khusus baik tentang pelayanan MRT maupun bis umum yang tersedia dengan harga S$1.50 dari semua stasiun MRT, stasiun bis dan toko-toko besar.
Para siswa full-time di institusi umum dapat menikmati harga khusus dengan menggunakan MRT dan bis umum. Hubungi institusi pendidikan anda untuk keterangan lebih lanjut.
Taksi selalu tersedia sepanjang waktu. Anda dapat mengantri taksi di setiap pemberhentian taksi, melakukan pemesanan telpon ke perusahaan taksi secara cepat atau hanya dengan melambaikan tangan saja. Taksi hanya mengangkut maksimum empat orang penumpang dan secara hukum sabuk pengaman diwajibkan untuk dipakai oleh setiap penumpang.
Seluruh taksi memiliki argo-meter, pada umumnya menggunakan tarif standar S$2.40 untuk 1 km pertama. Biaya tambahan diberlakukan pada puncak jam sibuk (Senin sampai Sabtu, 7.30 pagi sampai 9.30 malam dan 5.00 sore sampai 8.00 malam), setelah tengah malam (12.00 malam sampai 6.00 pagi setiap hari), biaya tambahan daerah kota untuk penyewaan taksi pada Daerah Pusat Bisnis (CBD) (Senin sampai Kamis, 5.00 sore sampai 8.00 malam dan Jum’at sampai Sabtu, 5.00 sore sampai 12.00 tengah malam), keberangkatan dari Bandara Changi Singapura, Bandara Seletar atau Singapura Expo, pada malam hari dan hari libur Nasional, dan juga untuk melakukan perjalanan melalui tempat peluncuran Electronic Road Pricing (ERP). Pembayaran melalui kartu kredit dikenakan biaya tambahan sebesar 10% untuk setiap ongkos perjalanan.

Transportasi Dalam Bandara, Skytrain

Untuk berpindah dari Terminal 1 ke Terminal 2 dan sebaliknya, penumpang dapat menaiki Skytrain, sebuah sistem transportasi kereta gratis yang beroperasi dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 01.30 dini hari. Perjalanan memakan waktu tidak lebih dari 1 1/2 menit.

Bus

Bus gratis dapat dipergunakan untuk berpindah dari Terminal 2 ke Budget Terminal dan sebaliknya. Sama dengan Skytrain, transportasi jenis ini tidak memungut biaya dari penumpang dan beroperasi 24 jam tiada henti.

Transportasi ke Kota

Mass Rapid Transit (MRT)

Sistem kereta Singapura ini beroperasi dari pukul 05.59 sampai pukul 23.58. Penumpang diharuskan untuk berpindah jalur untuk menuju ke pusat kota pada stasiun interchange Tanah Merah . Normalnya, perjalanan ke kota memakan waktu sekitar 26 menit tidak termasuk waktu tunggu.

Taksi

Dua jenis taksi, yaitu taksi biasa dan taksi limusin tersedia di Bandara Changi. Berikut adalah peraturan pemberian harga:

  • Taksi biasa: Harga pada argo meteran + S$ 5.00 (Jumat sampai Minggu, pukul 17.00 sampai 24.00).
  • Taksi biasa: Harga pada argo meteran + S$ 3.00 (hari lain).
  • Taksi limusin: Harga tetap S$ 35.00 ke seluruh tujuan di Singapura + biaya tambahan bila diperlukan.

MaxiCab

MaxiCab merupakan sebuah mobil berkapasitas 6 orang yang dapat mengantarkan penumpang ke seluruh hotel dan pusat bisnis di Singapura tidak termasuk Pulau Sentosa dan Changi Village. Pemesanan dilakukan di hall kedatangan dan biaya langsung dibayarkan kepada supir. Berikut adalah peraturan pemberian harga:

Dewasa: S$7.00   Anak: S$5.00

MaxiCab beroperasi setiap 30 menit dari pukul 06.00 sampai 18.00, setiap 15 menit dari pukul 18.15 sampai 24.00, dan setiap 30 menit dari pukul 00.30 sampai 02.00.

] Rental Mobil

Rental mobil tersedia di hall kedatangan Terminal 2.

Changi terus memperbarui diri, membangun berbagai fasilitas untuk melayani para penumpang, termasuk membangun Terminal 3. Penumpang yang transit dan harus menunggu berjam-jam, mendapat fasilitas wisata kota selama dua jam secara gratis dalam program “Free Singapore Tour”. Jumlah orang dibatasi 12 orang. Penumpang dari berbagai kebangsaan dipandu oleh seorang pemandu wisata.

SINGAPURA, KOMPAS.com – Bandara Internasional Changi di Singapura tetap memikat. Penumpang yang transit berjam-jam, tidak merasa bosan berada dalam bandara itu seharian. Apalagi sejak Januari 2008 lalu, Changi memiliki Terminal 3, terminal baru dengan arsitektur yang unik. Dibangun dengan dana 1,75 miliar dollar Singapura, bangunan Terminal 3 Bandara Changi seluas 380.000 meter persegi ini didesain oleh CPG Corporation and Skidmore, Owings and Merril LP. Lokasinya persis di seberang Terminal 2. Penumpang dari terminal lain, dapat menggunakan Skytrain yang datang setiap lima menit. Keunikan Terminal 3 Bandara Changi ini tampak dari atap “kupu-kupu”, di mana cahaya natural yang lembut masuk ke dalam gedung. Desain modern Terminal 3 Bandara Changi ini tampaknya menyesuaikan diri dengan tren desain arsitektur masa kini. Keunikan lain Terminal 3 Bandara Changi adalah hadirnya sebuah dinding hijau vertikal lima tingkat setinggi 300 meter. The Green Wall ini tampak di ruang kedatangan maupun ruang keberangkatan, serta tempat pengambilan bagasi. The Green Wall ditutup dengan tanaman merambat diselingi dengan empat air terjun. Penumpang transit dapat menikmati acara-acara TV kabel di sofa yang empuk. Penumpang juga dapat men-charger baterai gadget di tempat khusus yang disediakan. Penumpang yang lelah, dapat mencoba pijat kaki refleksi dari alat yang disediakan Osim. Anak-anak juga tidak kehilangan waktu bermain karena tersedia tempat bermain anak. Dan yang juga menyenangkan adalah semua kawasan bandara ini area wifi yang dapat diakses secara gratis, setelah penumpang meminta username dan password dengan menunjukkan paspor dan boarding pass. Dalam konsep layout Terminal 3 Bandara Changi, pusat perbelanjaan transit dan ruang kedatangan didesain sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah tempat yang nyaman. Sebagian besar lantai terminal ini dilapisi karpet sehingga kesan elegan sangat terasa. Sebagian lagi dilapisi parquette. Penggunaan kaca-kaca transparan di dalam gedung Terminal 3 ini memudahkan penumpang menikmati pemandangan dari segala sudut, termasuk ruang belanja dan tempat makan. Penumpang dapat leluasa memilih gerai mana yang akan didatangi. Lebih dari 100 gerai ritel dan 40 tempat makan dan minum dibuka di Terminal 3 ini. Terminal 3 Bandara Changi boleh berbangga karena banyak gerai baru dan pertama yang dibangun di bandara. Mulai dari Guylian Belgian Chocolate Cafe (pertama dibuka di luar Belgia), gerai ritel perjalanan Ferrari (pertama dibuka di luar kawasan Eropa) dan toko FIFA World pertama di dunia, dan gerai pertama Apple dan Sony yang dibangun di bandara, butik pertama Vertu di bandara di kawasan Asia Tenggara,  kabin kecantikan pertama SK-II di bandara, sampai pada gerai Hard Rock Cafe pertama yang dibuka di bandara internasional utama. tur Singapura GratisBila anda memiliki sedikitnya waktu 5 jam sebelum menyambung penerbangan anda, anda dapat mengikuti tur keliling Singapura selama 2 jam dimana anda diberi pilihan mengikuti Tur Koloni atau Tur Budaya. Pendaftaran berdasarkan mereka yang pertama sekali tiba (first-come-first-serve) dan anda harus memenuhi syarat-syarat izin visa yang ditentukan Immigration & Checkpoints Authority.                                                          Jam operasi loket tur : 0700 sampai 1630
Jam operasi loket Singapore Visitor Centre Tour : 0600 sampai 0200 setiap hari
Watu tur : 0900, 1100, 1300, 1500 dan 1600.(Semua tur dilaksanakan dalam bahasa Inggris)                                                                                                         Bergegaslah mendaftar di Pusat Pengunjung Singapura yang terletak diTerminal 2 Dekat tangga berjalan menuju Daerah Imigrasi Balai Ketibaan Utara dan stasiun Skytrain di Balai Transit Utara, Lantai 2  Terminal 3 Dekat Lounge Transfer B di Balai Transit Utara, Lantai 2

TEMPAT ISTIRAHAT Letih setelah menghabiskan waktu yang panjang di pesawat? Anda dapat menuju Tempat Peristirahatan yang dilengkapi dengan kursi yang dirancang memberikan anda kesegaran! Kursi yang nyaman ini memiliki tempat istirahat kepala dan kaki, memberikan anda kesegaran yang luar biasa. Tempat Peristirahatan ini terletak di  Terminal 1 :  – Jalur jendela tengah pada Mal Transit Barat, Lantai 2 ,  – Jalur jendela tengah pada Mal Transit Timu                   Terminal 2  : – Extended lounge pada Mal Transit Utara, Lantai 2                                                                                                                                                                                                                                     Tempat Terbuka Anda rindu akan udara segar? Nikmatilah udara segar dan sinar matahari yang nyaman di tempat terbuka. Di Terminal 1, anda dapat menikmati semuanya di kolam renang terbuka atau Cactus Garden dan Heliconia Garden. Di Terminal 2, anda dapat mengunjungi Sunflower Garden yang dapat diakses melalui Entertaintment Centre yang terletak di Lantai 3.                                                                                                                                                                                  Migrasi dan bea cukai Pengunjung ke Singapura dianjurkan untuk memperhatikan peraturan-peraturan Imigrasi dan Bea Cukai.

Imigrasi Balai Imigrasi terletak di lantai dasar. Untuk menuju balai imigrasi anda hanya perlu mengikuti tanda “Arrivals”.
Di balai ini terdapat dua lajur antrian – satu untuk warga Singapura dan satu lagi untuk warga negara lain. Saat anda tiba di loket, petugas imigrasi akan meminta anda untuk menunjukkan paspor serta surat-surat pendukung lainnya. Anda diwajibkan untuk menunjukkan surat vaksinasi apabila dalam enam hari sebelum ketibaan anda berada di tempat yang dijangkiti oleh Sakit Kuning. Jika anda tidak dapat menunjukkan surat vaksinasi, anda harus mendapatkan vaksinasi pada Klinik Bandara dan membayar biaya vaksinasi tersebut sebelum anda diizinkan memasuki Singapura. Bea Cukai Silahkan menggunakan Lajur Hijau jika anda tidak memiliki barang-barang wajib pajak atau yang terlarang. Gunakan Lajur Merah jika anda memiliki barang yang harus dilaporkan atau anda merasa ragu. Bagasi anda dapat saja diperiksa oleh petugas berwajib walaupun anda menggunakan lajur Hijau atau Merah.        Taman Wisata Long flights can be tiring. Kick back and relax in the midst of nature at any of our six gardens. Be enthralled by the beautiful butterflies at the world’s first Butterfly Garden in an airport. Come stroll through our open-air rooftop Sunflower and Cactus Gardens and take a breather from the hustle and bustle of travel at our Bamboo Garden. Or watch our beautiful Koi fish swim in our Orchid and Fern Gardens.

Butterfly Garden
Terminal 3, Transit Mall (Level 2)

Designed as a tropical nature retreat to create a tropical butterfly habitat. This magical attraction features different topical butterfly specimens at different periods of the year within a seemingly natural environment. Educational Corners within the garden enable visitors to gain a deeper understanding of butterflies. Individual enclosures allow visitors to witness the breeding and feeding of butterflies at a close range. One can even witness butterflies leaving their pupae and preparing to take their first flight in the Emergence Enclosure!

Bamboo Garden
Terminal 1, Transit Mall (Level 2)

Widely known to inspire architectural designs, bamboos are also symbols of endurance and resilience. Come and experience the serene bamboo garden featuring more than five species of bamboo including the Buddha’s Belly Bamboo, Yellow Bamboo and Black Bamboo.

Cactus Garden
Terminal 1, Transit Mall (Level 3)

Voted Singapore’s best rooftop garden in the 2001 Singapore Garden City Award, the Cactus Garden showcases more than 40 species of cacti and succulents found mostly in the American and African regions. Experience a close shave (literally) with the Golden Barrels, Silver Touch, Oldman Cactus, Prickly-Pear and Club-Foot. There is also a collection of succulents such as Cycads, Euphorbias and Dracaenas.

Fern Garden & Koi Pond
Terminal 2, Transit Mall (Level 2)

Boasting a vast range of ferns such as the Rabbit’s Foot, Stag’s Horn Ferns, Boston / Sword Ferns, Bird’s Nest Ferns and many more, the Fern Garden and Koi Pond is the place to ease your mind after a long flight. Be wowed by its giant Tasmania Tree Ferns Dicksonia antarctica, which is probably the most popular and a true survivor of the fern family and is known to have a lifespan of over 400 years! Kick back and relax at this lush landscape.

Hungry Plants
Terminal 3 Butterfly Garden, Transit Mall (Level 2)

A bunch of very hungry plants have landed at Changi Airport Terminal 3!!! The world’s first airport Butterfly Garden is now home to about 200 hungry carnivorous plants from about 30 species of Nepenthes, Tropical Pitcher Plants from South-east Asia, and especially, Singapore.
Come, see and be enthralled by this special display that showcases the various forms of pitcher traps these hungry plants have evolved to trap and ingest insects and other small animals.                                             Nepenthes are plants that have adapted to growing in places where the soil is poor in nutrients, and have evolved myriads ways of trapping and ‘feeding’ on insects and small animals to obtain nutrients.

Also popularly known as ‘Monkey Cups’ from the fact that monkeys have been seen to drink water from them in the rainforests, the pitchers are not simply water reservoirs for the plant in times of drought, but a complex passive insect traps, which secrete nectar to attract insects, trap them and metabolize them with acidic digestive fluid to obtain nutrient not available in the poor soils the plants grow in. The size of the pitcher varies and some species are large enough to hold up to two litres of water!

The butterflies in the garden are safe because they are too big to fall into the insect traps. Small creeping and crawling insects are the usual preys. The Nepenthes help in trapping ants, small lizards and snails which are harmful to the butterflies and the pupae.

Orchid Garden & Koi Pond
Terminal 2, Transit Mall (Level 2)

Be enthralled by the mixture of colours, shapes and sizes of orchids our Orchid Garden offers. More than 15 species of orchids are displayed on different natural structures, including a number of them tied on natural driftwood overhanging the Koi Pond. Be sure to look out for Singapore’s national flower, Vanda Miss Joaquim that is occasionally on display.

Sunflower Garden
Terminal 2, Transit Mall (Level 3)

Experience Vincent van Gogh’s “Sunflower” paintings in real life when you visit our very own Sunflower Garden! Be spellbound by the happy and cheerful mood portrayed by the sunflowers as you visit the sundial and navigate through the maze.

BANDARA UDARA KE KOTA

Perjalanan dari Bandara ke Kota

Anda dapat menggunakan sarana transportasi berikut :

1 Taksi
2 Pengangkutan Bandara Udara
3 Kereta Listrik (MRT)
4 Bus Umum
5 Taksi Besar
6 Mobil Sewa

Taksi

Taksi akan mengambil penumpang pada tempat perhentian khusus taksi di balai Ketibaan bandara. Ongkos perjalanan ke Kota berkisar antara S$18 sampai S$38 dengan masa perjalanan lebih kurang 30 menit.

Pengangkutan Bandara Udara

Airport Shuttle Service saat ini melayani semua hotel di Singapura, kecuali hotel Changi Village dan hotel-hotel di Pulau Sentosa. Layanan ini berangkat setiap 15 menit mulai pukul 06.00 sampai tengah malam dan setiap 30 menit untuk jam-jam lain. Layanan carter juga tersedia. Anda dapat mendatangi Loket Airport Shuttle Service di Balai Ketibaan.

Ongkos Perjalanan (Silahkan bayar di loket Airport Shuttle)

  • S$9,00 – dewasa
  • S$6,00 – anak-anak
  • $50,00 untuk satu kali carter kendaraan

Nomor Kontak

  • Terminal 1 : (65) 6546 1646
  • Terminal 2 : (65) 6543 1985
  • Terminal 3 : (65) 6241 3818
KEMBALI KE ATAS

Kereta Listrik (MRT)

Stasiun MRT Bandara Changi terletak pada lantai bawah tanah Terminal 2 dan 3 serta terhubung dengan balai ketibaan dan keberangkatan melalui tangga berjalan dan lift. Kereta pertama tiba kira-kira pukul 05.30 dan kereta terakhir berangkat kira-kira pukul 23.18.

Anda harus berganti kereta di stasiun MRT Tanah Merah untuk ke Kota. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan kunjungi situsSingapore Mass Rapid Transitatau dapatkan brosurnya pada Stasiun MRT Bandara Changi.

KEMBALI KE ATAS

Bus Umum

Bus No. 36 memiliki rute ke daerah kota. Bus pertama tiba kira-kira pukul 0600 dan bus terakhir akan berangkat tengah malam. Ongkos tidak akan lebih dari S$2,00 dan memakan waktu kira-kira satu jam. Halte bus terletak di Terminal 1, 2 dan 3. Anda dianjurkan membayar dengan uang pas sebab uang kembalian tidak tersedia

PUSAT PENGUNJUNG SINGAPURA

Singapura merupakan negara kota yang hidup, multibudaya serta modern dimana tradisi berpadu serasi dengan kemajuan zaman serta budaya Timur dan Barat saling bercampur erat secara harmonis memberikan setiap pengunjung pengalaman unik atas negara pulau yang kecil ini. Singapura menawarkan pengalaman tak terlupakan atas kekayaannya dimasa lampau yang dipadu dengan teknologi maju yang dimiliki.

Para karyawan Pusat Pengunjung Singapura yang tersebar diseluruh kota selalu siap sedia membantu anda dengan memberikan informasi yang anda butuhkan untuk kenyamanan anda selama berada di Singapura. Anda dapat mendatangi Pusat Pengunjung Singapura di Balai Ketibaan Bandara Changi untuk mengetahui layanan yang tersedia. Loket-loket yang terletak di bandara buka mulai dari pukul 06.00 sampai 02.00 setiap hari. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai dunia seni di Singapura, tur buku serta tempat-tempat atraksi lain disini.

Banyak daerah di Singapura yang mempunyai keunikan tersendiri, dan daerah ini banyak mendapat dukungan agar dapat dinikmati dengan lebih baik. Luangkan waktu Anda untuk menjelajahi sendiri daerah ini.

Peta wisata dengan berjalan kaki cuma-cuma yang dibuat oleh Singapore Tourism Board tersedia di bandara dan hotel-hotel tertentu. Peta ini memandu pembaca mengenai jalan-jalan di sekitar tempat-tempat seperti Singapore River dan wilayah etnik Chinatown dan Little India.
Lihatlah peta MRT diatas, disetiap pertemuan garis yang berbeda warna akan ada bulatan putih. Tanda tersebut menandakan mrt interchange, titik dimana anda bisa pindah ke jalur warna lain.

// Contoh ke 1: Misalkan anda sekarang berada di Changi Airport (lihat dipeta) dan tujuan anda adalah Orchard. Changi Airpot berada di jalur hijau diujung timur sedangkan Orchard berada di jalur merah, itu artinya anda harus pindah jalur (kereta) untuk bisa sampai ke Orchard.

Perhentian pertama anda harus turun dititik putih yang pertama yaitu Tanah Merah interchange, lalu anda pindah jalur ke jurusan Joo Koon ( Papan petunjuk MRT hanya menulis tujuan akhir dari setiap jalur, misalnya jalur hijau disetiap stasiun MRT hanya ada tujuan Joo Koon dan Pasir Ris/Changi Airport. )

Perhentian kedua adalah Citi Hall atau Raffles Place, anda bisa berhenti dikedua titik ini untuk pindah ke jalur merah. Sebelum anda naik ke jalur merah, pastikan tujuan MRT tersebut adalah Jurong East bukan Marina Bay.

Perhentian terakhir adalah Orchard.

Contoh ke 2: Dari Orchard anda ingin pergi ke Vivo City yang berada di HarbourFront. Maka dari Orchard anda naik MRT tujuan Marina Bay.

Perhentian Pertama adalah Dhoby Ghaut. Dari MRT interchange ini anda harus jalan cukup jauh untuk pindah ke jalur ungu. Ikuti saja papan petunjuk yang menunjukkan arah North West Line (Jalur Ungu). Jika anda lihat di peta ada titik pertemuan interchange lagi di Chinatown dan Outram Park, anda tidak perlu turun disini karena tujuan akhir anda adalah HarbourFront. Lanjutkan saja perjalanan hingga perberhentian terakhir, HarbourFront.

Semoga panduan singkat ini berguna untuk mempermudah anda jalan-jalan di kota Singapura.

Berikut contoh itinerary liburan untuk di Singapore selama 1 hari.

Hari Aktivitas Durasi
1 Mendarat & Imigrasi 30 menit
1 Perjalanan ke Penginapan 30 menit
1 Istirahat di Hotel (Klik di sini untuk mencari Hotel Murah di Singapore) 1 jam
1 Wisata Kota & Kultural
- Merlion Park, Raffles Statue, Sungai Singapura, Boat Quay, Clarke Quay, China Town, Little India
4 jam
1 Wisata ke Sentosa Island (Jangan lupa nonton Song of The Sea) 3 jam
1 Perjalanan Ke Penginapan 30 menit
2 Berbelanja di Orchard Road 3 jam
2 Perjalanan ke Bandara 30 menit

Contoh wisata diatas dengan asumsi anda datang ke Singapore pagi hari dan pulang ke Indonesia sore atau malam hari.

Berikut contoh itinerary liburan untuk di Singapore selama 2 hari.

Hari Aktivitas Durasi
1 Mendarat & Imigrasi 30 menit
1 Perjalanan ke Penginapan 30 menit
1 Istirahat di Hotel (Klik di sini untuk mencari Hotel Murah di Singapore) 1 jam
1 Wisata Kota & Kultural
- Merlion Park, Raffles Statue, Sungai Singapura, Boat Quay, Clarke Quay
4 jam
1 Wisata ke Sentosa Island (Jangan lupa nonton Song of The Sea) 3 jam
1 Perjalanan Ke Penginapan 30 menit
2 Perjalanan ke Tempat Wisata Singapore Zoo 30 menit
2 Wisata ke Singapore Zoo 6 jam
2 Perjalanan ke Tempat Wisata 30 menit
2 Wisata Kuliner (dinner) & Heritage
- Dinner di China Town ada banyak pilihan makanan khas Singapura di sini.
- Bagi yang muslim bisa dinner di Little India, ada banyak makanan halal di sana)
3 jam
2 Perjalanan ke Penginapan 30 menit
3 Berbelanja di Orchard Road 3 jam
3 Perjalanan ke Bandara 30 menit

Contoh wisata diatas dengan asumsi anda datang ke Singapore pagi hari dan pulang ke Indonesia sore atau malam hari.

Setelah saya menulis tips dan trick perjalanan ke Singapura melalui Batam disini dan disini, cukup banyak pertanyaan yang saya terima mengenai penginapan yang murah dan bagus di Singapura. Hal ini cukup dimengerti, mengingat banyak para backpacker Indonesia, yang sudah mengirit dengan pergi ke Singapura lewat Batam dibandingkan langsung, juga ingin mengirit dengan menginap di hotel yang murah. Toh kebanyakan waktu para backpacker tersebut akan lebih banyak untuk jalan-jalan, sehingga tidak perlu untuk menginap di hotel yang mahal.

Penginapan Murah

Ada dua jenis penginapan murah di Singapura. Yang pertama adalah backpacker hostel, atau kalau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan losmen. Hotel-hotel ini biasanya murah, tidak ber-AC dan kadang kamar mandi-nya tidak ada di setiap kamar, tapi di-share (shared bathroom). Hotel-hotel seperti ini cocok untuk individual backpacker yang ingin mengirit, tapi tidak cocok untuk keluarga, apalagi yang membawa anak-anak. Biasanya harga per malam-nya berkisar mulai dari S$20 sampai S$50. Biasanya hostel-hostel seperti itu tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit, melainkan hanya menerima cash. Sehingga beberapa hostel mengharuskan kita untuk membayar deposit (diatas harga kamar) sebagai garansi, dan deposit itu akan dikembalikan sewaktu kita check-out dan mengembalikan kunci ke reception.

Yang kedua adalah hotel kelas menengah ke bawah, yang cukup banyak di sekitar Little India, Bugis dan sekitarnya. Harganya berkisar antara S$60 sampai S$100. Memang lebih mahal dibandingkan backpacker hostel, tapi lebih nyaman terutama bagi keluarga yang membawa anak-anak. Kamar mandi biasanya ada di setiap kamar, walaupun service yang disediakan standar. Beberapa hotel, terutama yang kelas menengah, menerima pembayaran dengan kartu kredit.

Perlu diketahui bahwa banyak hotel-hotel kelas menengah ke bawah ini cukup banyak bertebaran di sekitar Geylang, namun disarankan untuk menghindari daerah tersebut, terutama bagi keluarga yang mempunyai anak. Hal ini disebabkan Geylang adalah daerah red light district-nya Singapura, dimana banyak aktivitas prostitusi yang menjamur di daerah itu. Dan kebanyakan mereka menggunakan hotel-hotel kelas menengah ke bawah itu untuk aktivitas mereka. Jadi, walaupun Anda mungkin tidak menggunakan “jasa” mereka, namun tetap Anda harus berpapasan dengan mereka di lobby hotel, jadi environment-nya tidak begitu nyaman, terutama untuk anak-anak.

Beberapa hostel backpacker yang terkenal di Singapura adalah InnCrowd Hotel dan Fragrance Backpacker Hostel yang berlokasi di Little India, dan New Seventh Storey (NSS) Hotel yang berlokasi di Bugis. Sedangkan beberapa hotel kelas menengah di Singapura adalah Hotel 81 dan Fragrance Hotel yang memiliki banyak cabang di beberapa tempat di Singapura. Beberapa cabang Hotel 81 dan Fragrance juga menyediakan tarif murah untuk backpackers. Hotel Supreme adalah salah satu hotel kelas menengah termurah di daerah Orchard. Sedikit ke arah timur, Strand Hotel di Bencoleen Street juga tidak terlalu jauh dari Dhoby Ghaut dan Plaza Singapura. Park View Hotel juga lumayan bagus dan murah.

Transportasi ke Hotel

Kebanyakan backpackers dari Indonesia kemungkinan akan memilih jalur Batam untuk menuju Singapura, mengingat tiket pesawat Jakarta-Batam yang jauh lebih murah dibandingkan tiket pesawat langsung Jakarta-Singapura. Ferry dari Batam akan berlabuh di Harbourfront Centre. Dari sana, kereta api (MRT) adalah mode transportasi cepat dan murah untuk sampai ke hotel. Sebenarnya, naik bus bisa lebih murah, namun lebih lambat dan cukup repot kalau kita membawa banyak koper.

Untuk tujuan hotel-hotel di sekitar Little India (seperti InnCrowd), Dhoby Ghaut (Supreme, Strand) dan Chinatown, Anda cukup naik kereta api sekali dari stasiun MRT Harbourfront ke stasiun MRT Little India, Dhoby Ghaut dan Chinatown. Namun jika hotel ada berada di daerah Bugis, maka Anda perlu turun di Outram Park, lalu pindah kereta api yang ke arah Pasir Ris dan turun di stasiun MRT Bugis.

Perlu diketahui bahwa untuk ganti kereta api ini, Anda tidak perlu keluar stasiun. Sehingga di Harbourfront, Anda bisa membeli tiket kereta api langsung ke Bugis atau Orchard misalnya, walaupun perjalanan ke sana mengharuskan Anda untuk pindah kereta api di stasiun interchange tertentu (misalnya di Outram Park jika Anda ingin ke Bugis, atau di Dhoby Ghaut jika Anda ingin ke Orchard).

Jika Anda membawa banyak koper dan agak repot kalau naik kereta api, Anda bisa naik taksi. Biaya taksi dari Harbourfront Centre ke Little India atau Bugis mungkin sekitar S$6-S$8, tapi yang pasti tidak akan lebih dari S$10

Bagi para turis yang ingin berkunjung ke Singapura, disediakan tiket terusan untuk transportasi MRT dan Bus. Tiket ini punya nama resmi yaitu Singapore Tourist Pass. Dengan tiket ini anda bisa kemana saja tanpa harus bayar apa-apa lagi. Harganya SGD$8/hari, tiketnya ada yang untuk 1 , 2 atau 3 hari, dengan uang jaminan (yang dapat dikembalikan) sebesar SGD 10 saja. Tiket terusan ini juga dilengkapi dengan berbagai penawaran toko, sehingga Anda mendapat begitu banyak keuntungan selama berkunjung di Singapura.

PENTING! Singapore Tourist Pass ini cuma dijual di kantor penjualan tiket TransitLink di Changi Airport, stasiun MRT di Orchard, Chinatown, City Hall, Raffles Place, Ang Mo Kio, HarbourFront dan Bugis, serta beberapa Singapore Visitors Centre. Jadi tiket terusan ini tidak dijual di semua stasiun MRT.

Informasi tawaran promosi untuk pemegang tiket

About these ads

Perihal meityfarida
I am a teacher

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: