LATIHAN SOAL HUKUM GRAVITASI NEWTON

  1. Besar gaya gravitasi antara dua benda yang saling berinteraksi adalah … .
  2. Benda A dan B bermassa m dan 4m. Jika titik  p  adalah titik yang kuat medan gravitasinya nol, maka r1 : r2 sama dengan
  3. Jika potensial gravitasi dipermukaan bumi adalah –V, maka potensial gravitasi pada jarak 2 R dari permukaan bumi  adalah …… . ( R = jari-jari bumi )
  4. Seorang astronot berada pada orbit lingkaran dengan jari-jari R mengitari bumi. Agar kuat medan gravitasinya menjadi setengah kali semula, maka jari-jari lingkaran orbit harus menjadi …
  5. Satelit mengorbit bumi setinggi 3600 km di atas permukaan bumi, jika jari-jari bumi 6400 km, percepatan gravitasi dipermukaan bumi g = 10 m/s2 dan gerak satelit dianggap melingkar beraturan, maka besar kelajuan satelit  tersebut  adalah … .
  6. Percepatan gravitasi di bulan adalah 1/6 percepatan gravitasi di bumi. Jika seseorang di bumi beratnya 60 N maka berat orang    tersebut di bulan adalah … .
  7. Besar energi potensial gravitasi dari sebuah benda bernassa (m) yang berada pada ketinggian (h) dari permukaan bumi, jika massa bumi (M) dan jari-jari (R) adalah … .
  8. Jika kuat medan gravitasi di permukaan bumi 9,81 m/s2, maka besar kuat medan gravitasi di titik sejauh 3 kali jari-jari bumi dari permukaan :

Perihal meityfarida
I am a teacher

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: