ELASTISITAS BAJA

Scorpène, Kapal Selam Baru Andalan TLDM (III)

1 month ago

KD Tunku Abdul Rahman

Sistem Penggerak dan MESMA/ AIP

Scorpène mempunyai dua mesin generator diesel berdaya 1250kW, mesin ini di buat oleh Breach machinery shipping hatch-Belanda. Tingkat elastisitas baja pada kompartemen mesin kapal mampu mendukung daya hingga 2900kW.

Dari tiga varian yang ada, Scorpène dapat diklasifikasikan menjadi 2 kelas sistem penggerak yakni sistem penggerak konvensional (CM-2000) dan sistem penggerak MESMA/AIP (AM-2000).

Kendala yang sering ditemukan kapal selam diesel-elektrik ialah saat operasional seringkali harus muncul ke permukaan, hal ini diperlukan agar snorkel kapal dapat mensirkulasi oksigen untuk pembakaran mesin diesel guna mengisi ulang batere. Hal inilah yang menjadi kelemahan pada kapal berpengerak diesel konvensional, sehingga sangat rentan terdeteksi lawan.

Rasio antara waktu kerentanan dan total waktu operasional yang dikenal sebagai “indiscreation rate”, bagi semua kapal konvensional berkisar antara 7 sampai 10%. Dengan batasan-batasan pada saat berpatroli dengan kecepatan 4 knot, dan transit antara 20% sampai 30% pada kecepatan 8 knot. Maksudnya adalah pada kapal selam diesel konvensional diperlukan waktu antara 20-30% dari waktu operasionalnya untuk kembali kepermukaan.

Beda halnya dengan kapal selam diesel elektrik modern berpenggerak MESMA/ AIP, kapal tidak selalu harus muncul kepermukaan. Artinya waktu operasional 100% tergantung dari endurance kapal dan awaknya.

Penggunaan sistem ini membuat umur masa pakai kapal jauh lebih lama dibanding dengan yang tidak menggunakannya. Sistem MESMA/ AIP meningkatkan daya tahan (endurance) penyelaman hingga 3 – 4 kali lebih baik dari kapal konvensional. Risiko kapal terdeteksi pun bisa lebih dikurangi.

Sistem pembangkit udara independen (MESMA/ AIP) juga berfungsi mengurangi kerentanan mesin dan batere, selain itu mesin diesel juga dilengkapi sel bahan bakar (fuel cell) yang dihasilkan dari Closed Circuit ;
Page 1 / 4, continue

Perihal meityfarida
I am a teacher

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: