LATIHAN

  1. Besar gaya gravitasi antara dua benda yang saling berinteraksi adalah … .
  2. Benda A dan B bermassa m dan 4m. Jika titik  p  adalah titik yang kuat medan gravitasinya nol, maka r1 : r2 sama dengan
  3. Jika potensial gravitasi dipermukaan bumi adalah –V, maka potensial gravitasi pada jarak 2 R dari permukaan bumi  adalah …… . ( R = jari-jari bumi )
  4. Seorang astronot berada pada orbit lingkaran dengan jari-jari R mengitari bumi. Agar kuat medan gravitasinya menjadi setengah kali semula, maka jari-jari lingkaran orbit harus menjadi …
  5. Satelit mengorbit bumi setinggi 3600 km di atas permukaan bumi, jika jari-jari bumi 6400 km, percepatan gravitasi dipermukaan bumi g = 10 m/s2 dan gerak satelit dianggap melingkar beraturan, maka besar kelajuan satelit  tersebut  adalah … .
  6. Percepatan gravitasi di bulan adalah 1/6 percepatan gravitasi di bumi. Jika seseorang di bumi beratnya 60 N maka berat orang    tersebut di bulan adalah … .
  7. Besar energi potensial gravitasi dari sebuah benda bernassa (m) yang berada pada ketinggian (h) dari permukaan bumi, jika massa bumi (M) dan jari-jari (R) adalah … .
  8. Jika kuat medan gravitasi di permukaan bumi 9,81 m/s2, maka besar kuat medan gravitasi di titik sejauh 3 kali jari-jari bumi dari permukaan :
  1. Kecepatan suatu benda yang bergerak lurus dan berubah tiap saat dapat digambarkan dengan grafik  v – t  sebagai berikut :

v (m/s)

20

t (s)

0                           8

Percepatan benda tersebut adalah

  1. Sebuah benda bergerak dari kedudukan awal       r 1 = 4i + 3J ke kedudukan akhir  r 2 = 8i + 6j. Perpindahan benda tersebut adalah …. .

6                                                                    (8, 6)                                                                                                                                                                                                                                                                (4, 3)

4                        8    x

  1. Suatu benda bergerak menurut persamaan        x  =  4t3 + 2t2 + 3.  Besar percepatan benda pada detik ke 2 adalah …
  2. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Jika dalam waktu 2 sekon kecepatannya menjadi 20 m/s, selama selang waktu tersebut besarnya perpindahan mobil adalah ….
  3. Sebuah peluru ditembakkan dengan kecepatan 100m/s dan sudut elevasi 300 di atas tanah yang mendatar, maka waktu sampai di titik yang terjauh adalah … .
  4. Benda dilempar ke atas dengan kecepatan awal 40 m/s dan sudut elevasi 600 terhadap horizontal.Besar kecepatan benda pada saat berada di titik tertinggi adalah … .
  5. Benda yang awalnya diam , kemudian dipercepat dalam suatu lintasan melingkar berjari-jari  3 m menurut persamaan  α = 12t2 – 18t + 20 rad/s2..  Jika pada mulanya posisi sudut benda=0, maka posisi sudut benda pada saat t = 2 s  adalah …
  6. Persamaan kecepatan sudut rata-rata dan sesaat posisi sudut suatu titik pada roda dapat dinyatakan sebagai Θ = -4 + 10 t + 3 t2 .Maka kecepatan sudut rata-rata dari t = 0 sampai t = 3 s,  adalah ….
  7. Sebuah peluru ditembakkan dg kecepatan awal 100m/s&membentuksudut600terhadaphorisontal,tinggi maksimum peluru  adalah … ( g = 10 m/s2 )
  8. Sebuah balok kayu yang beratnya 20 N diam di atas lantai mendatar. Jika koef. gesekan statis antara balok dengan lantai 0,4 maka gaya gesekan statis maksimum besarnya ….
  9. Benda bermassa 4 kg terletak pada bidang miring dengan sudut 300 . Jika µs antara balok dengan bidang miring adalah 0,2√3 dan g = 10 m/s2, maka resultan gaya yang meluncurkan benda adalah …
  10. Dua balok A dan B dirangkai seperti gambar berikut. Jika massa balok A = 2 kg dan balok B = 3 kg, dan saat kedua balok bergerak terjadi percepatan sebesar 5 m/s2, maka besar koefisien gesekan antara balok A dengan meja adalah … . (g = 10 m/s2)

A

B

  1. Balok bermassa 1,5√2 kg diberi gaya F= 20 N yang membentuk sudut 450 terhadap lantai kasar, maka balok tersebut akan bergerak dengan percepatan tetap 5 m/s2, koefisien gesekan antara balok dengan lantai adalah
  2. .Sebuah pegas yang panjangnya 20 cm digantung vertical. Ujung bawahnya diberi beban  200 gram  sehingga panjang nya menjadi 22 cm. Kemudian beban ditarik dengan gaya F ke bawah sehingga panjangnya menjadi 25 cm. Besar energi potensial pegas tersebut adalah …. Joule.
  3. Seutas kawat dengan luas penampang  1,4 x 0,5 mm2 ditarik oleh gaya sebesar 1,4 N. Besar tegangan kawat adalah … .
  4. Seutas karet memiliki panjang awal 50 mm, lalu ditarik sampai panjangnya mencapai 50,8 mm. Besar regangan karet tersebut adalah … .
  5. Sebuah batang panjang mula-mula L ditarik dengan gaya F. Jika luas penampang batang A dan modulus young (elastis) E, maka rumus pertambahan panjang  ∆L adalah
  6. Seutas kawat baja memiliki panjang 2 meter dan diameter 0,4 cm. Jika setelah diberi gaya kawat memanjang 0,2 cm dan modulus elastis baja 2 x 10-11 N/m2 maka besar gaya tersebut adalah … .
  7. Ciri-ciri benda yang melakukan gerak harmonik
  8. Suatu getaran harmonik mempunyai persamaan simpangan  Y = 0,2 sin 0,1.t meter, besar simpangan maksimumnya adalah …. .
  9. Sebuah partikel bergerak harmonik dengan periode 6 detik dan amplitudo 10 cm. Persamaan simpangan gerak harmonik tersebut adalah … .
  10. Sebuah benda bergerak harmonik sederhana. Simpangannya dinyatakan dengan persamaan  y = 4 sin 0,1 t , dengan t dalam sekon dan y dalam meter. Besar simpangan, kecepatan dan percepatan benda setelah  bergerak  5π detik masing-masing … .
  11. Sebuah benda  melakukan getarn harmonik dengan periode T. Waktu minimum yang diperlukan benda agar simpangannya sama dengan setengah amplitudonya adalah … .
  12. Simpangan benda yang bergetar harmonik mempunyai persamaan            y = 10 sin (10π. t)  dengan y dalam cm dan t dalam sekon.  Besar simpangan benda saat t = 10 s adalah… .
  13. Sebuah mobil massa 1000 kg dinaiki dua orang masing-masing massanya 50 kg. Kemudian mobil meluncur dengan kecepatan 72 km/jam, besar momentum yang dialami mobil tersebut …..
  14. Dua bola masing-masing bermassa  4 kg dan 6 kg . Bola pertama bergerak ke timur dengan kelajuan 3 m/s sedangkan bola kedua bergerak ke utara dengan kelajuan 4 m/s. Besar momentum resultan kedua bola tersebut……
  15. Pada tumbukan tidak lenting sama sekali, hukum kekekalan energi kinetik tidak berlaku, namun hukum kekekalan momentum dengan persamaan:..
  16. Dua bola m1 = m2 = 2 kg bergerak saling mendekati dengan kecepatan masing2 10 m/s dan 5 m/s. Jika kedua bola ber- tumbukan lenting sempurna , maka per bandingan kecepat an bola pertama sebelum dan sesudah tumbukan adalah …
  17. Sebuah bola biliar (A) bergerak lurus dengan momentum mv menabrak bola biliar (B)  yang bergerak pada jalur yang sama. Setelah bertumbukan bola A mem punyai momentum –2mv. Dari peristiwa tersebut , perubahan momentum bola B adalah … .
  18. Sebuah benda massa 1/2 kg bergerak dengan kecepatan  5 m/s menumbuk benda lain yang massanya 1/3 kg  dalam keadaan diam. Bila setelah tum- bukan kedua benda bergabung  dalam geraknya, maka kecepatan kedua benda setelah tumbukan adalah … .
  19. Sebuah bola dilepaskan dari ketinggian tertentu sehingga menumbuk lantai  dan akhirnya memantul . Apabila pan- tulan pertama dan kedua masing-masing  4 m dan 2 m, maka ketinggian  mula-mula bola adalah … .
  20. Siswa menendang bola dengan gaya   5N kedepan. Jika waktu kontak antara kaki dengan bola adalah 30 s , maka besar Impuls yang terjadi adalah … .



Perihal meityfarida
I am a teacher

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: