IMPULS DAN MOMENTUM

Besaran impuls adalah gaya sesaat yang bekerja pada dua benda. Besaran impuls merupakan hasil kali gaya impulsif rata-rata(F) dan selang waktu singkat(t) selama gaya impulsif bekerja. Besaran impuls diberi lambang I dan di tulis dengan  Impuls = gaya x perubahan waktu.

Besaran momentum adalah perkalian antara massa dengan kecepatan. Besaran momentum diberi lambang P, dengan persamaan P = m.v    (P adalah momentum dengan satuan kgm/s ; m adalah massa dengan satuan kg ; v adalah kecepatan dengan satuan m/s)

Hubungan Impuls dan Momentum.

Impuls yang dikerjakan pada suatu benda sama dengan perubahan momentum yang dialami benda itu, yaitu beda antara momentum akhir dengan momentum awalnya. 

Hukum Kekekalan Momentum

Hukum kekekalan momentum linier berbunyi ” Dalam peristiwa tumbukan, momentum total sistem sesaat sebelum tumbukan sama dengan momentum total sistem sesaat setelah tumbukan, dengan syarat tidak ada gaya luar yang bekerja pada sistem.

Tumbukan Ada 3 Macam :

Tumbukan lenting sempurna, maka koefisien kelentingannya bernilai 1, berlaku hukum kekekalan momentum, berlaku juga hukum kekekalan energi kinetik. Perubahan kecepatan setelah tumbukan bernilai sama dengan perubahan kecepatan sebelum tumbukan, namun arahnya berlawanan

Tumbukan lenting sebagian, koefisien kelentingannya bernilai antara 0 dan 1, berlaku hukum kekekalan momentum

Tumbukan tak lenting sama sekali, koefisien kelentingannya bernilai 0, berlaku hukum kekekalan momentum. kecepatan masing-masing benda setelah tumbukan bernilai sama.

SOAL-SOAL HUKUM GRAVITASI NEWTON

  1. Besar gaya gravitasi antara dua benda yang saling berinteraksi adalah … .
  2. Benda A dan B bermassa m dan 4m. Jika titik  p  adalah titik yang kuat medan gravitasinya nol, maka r1 : r2 sama dengan
  3. Jika potensial gravitasi dipermukaan bumi adalah –V, maka potensial gravitasi pada jarak 2 R dari permukaan bumi  adalah …… . ( R = jari-jari bumi )
  4. Seorang astronot berada pada orbit lingkaran dengan jari-jari R mengitari bumi. Agar kuat medan gravitasinya menjadi setengah kali semula, maka jari-jari lingkaran orbit harus menjadi …
  5. Satelit mengorbit bumi setinggi 3600 km di atas permukaan bumi, jika jari-jari bumi 6400 km, percepatan gravitasi dipermukaan bumi g = 10 m/s2 dan gerak satelit dianggap melingkar beraturan, maka besar kelajuan satelit  tersebut  adalah … .
  6. Percepatan gravitasi di bulan adalah 1/6 percepatan gravitasi di bumi. Jika seseorang di bumi beratnya 60 N maka berat orang    tersebut di bulan adalah … .
  7. Besar energi potensial gravitasi dari sebuah benda bernassa (m) yang berada pada ketinggian (h) dari permukaan bumi, jika massa bumi (M) dan jari-jari (R) adalah … .
  8. Jika kuat medan gravitasi di permukaan bumi 9,81 m/s2, maka besar kuat medan gravitasi di titik yang letaknya sejauh 3 kali jari-jari bumi dari permukaan adalah….

Perihal meityfarida
I am a teacher

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: